Senin, 29 September 2014

Manfaat Bekam dalam kesehatan

Filled under:

Manfaat bekam dalam dunia kesehatan sudah diketahui sejak jaman sebelum Masehi, namun tidak diketahui secara pasti siapa penemunya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, teknik ini sudah dilakukan oleh bangsa Sumeria sekitar tahun 4000SM yang kemudian menyebar ke Persia, babylonia, Saba’ dan juga mesir.
Di Persia pengobatan dengan cara bekam dimulai dari tahun 3000SM dan sudah dilengkapi dengan ramuan-ramuan herbal. Raja Mesir, yaitu Firaun menggunakan teknik bekam sekitar tahun 2500SM.
Sementara di Irak, teknik bekam mencapai puncak keemasan pada tahun 300Hijriah.

Bekam sendiri sudah dikenal di berbagai belahan dunia sebagai bahan pengobatan tradisional jika seseorang menderita suatu penyakit. Salah satunya di negeri China, teknik bekam digunakan untuk mengobati Tbc paru-paru yang dikenalkan oleh Ge Hong seorang herbalis pada tahun 281-341M. Manfaat Bekam Dalam Dunia Kesehatan Bekam sendiri adalah suatu pengeluaran toksin atau zat beracun dari dalam tubuh manusia dengan menggunakan media kop kecil.


Seiring dengan perkembangan jaman, teknik melakukan bekam pun mengalami berbagai kemajuan. Teknik bekam dipercaya mampu mengeluarkan toksin secara efektif jika dilakukan dengan tepat. Para pakar bekam meyakini manfaat bekam dalam dunia kesehatan bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit, baik penyakit ringan seperti encok, pegel linu, meriang, dsbnya, dan juga penyakit berat seperti radang ginjal, radang selaput jantung, stroke, hipertensi serta masih banyak lagi penyakit lainnya.

Teknik bekam ada beberapa jenis yang bisa anda ketahui diantaranya, yaitu teknik bekam Illahi, Bekam Seluncur, Bekam Agresif, Bekam Kering dan Bekam Basah.

Kini di era yang sudah modern, teknik bekam dan media yang digunakan memiliki standard dan prosedur yang sudah ditentukan. Media yang digunakan juga harus steril dan tidak terkontaminasi benda- benda berbahaya agar tidak menimbulkan efek yang merugikan si pasien terutama penggunanaan alat bekam yang sama dengan pasien lainnya, salah satunya jika pasien yang datang memiliki virus yang mematikan tentu saja hal ini dikhawatirkan virus akan menyebar ke pasien yang lain sehingga manfaat bekam tidak didapatkan si pasien.

 Jangan khawatir jika bapak dan ibu menjalani terapi bekam di apotek purabaya, semua alat steril, dan menggunakan jarum sekali pakai. Terapisnya juga merupakan tenaga medis di puskesmas purabaya yang sangat faham betul masalah kesehatan.

Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga di www.purabaya.com